Senin, 06 Juli 2020

Survei Sosial Masyarakat untuk Sumber Air Baku

Survei sosial masyarakat bertujuan untuk mengetahui kondisi kehidupan masyarakat setempat yang ada di sekitar sumber air baku. Adapun hasil survei sosial masyarakat yang dilakukan meliputi data-data sebagai berikut:
1)    Aspek kependudukan
Kegiatan survei untuk mengetahui masalah kependudukan seperti jumlah penduduk, laju pertumbuhan penduduk, kepadatan penduduk, penyebaran penduduk, jenis kelamin, umur, pendidikan, agama, jumlah anggota keluarga, dan sebagainya. Data-data kependudukan diperoleh dari BPS, kantor BAPPEDA, kantor kecamatan, kantor kelurahan ataupun kepala desa. 

Dari data jumlah penduduk ini dapat dilakukan analisa proyeksi jumlah penduduk untuk menentukan kebutuhan air domestik bagi penduduk sampai dengan 20 tahun ke depan (minimal proyeksi 20 tahun) dan keperluan lainnya.
2)    Aspek fasilitas kota
Pada apek ini, kegiatan survei dilakukan untuk mengetahui kuantitas dan kualitas fasilitas kota seperti perkantoran, rumah makan, fasilitas pendidikan, tempat ibadah, fasilitas kesehatan, pertokoan, penginapan dan lain-lain. Dari data fasilitas kota ini dapat dianalisa jumlah kebutuhan air non domestik penduduk sampai dengan 20 tahun ke depan (minimal proyeksi 20 tahun).
3)    Aspek penggunaan air bersih
Kegiatan survei ini untuk mengetahui jenis sumber air bersih yang biasa digunakan oleh penduduk, jumlah air yang digunakan, kualitas air, jarak dan waktu yang ditempuh, kualitas, jarak dan waktu yang ditempuh untuk mendapatkan air serta kondisi sumber yang ada.

0 comments:

Posting Komentar