Selasa, 02 Oktober 2012

PERUBAHAN IKLIM MEMPENGARUHI KEANEKARAGAMAN HAYATI


Hubungan antara perubahan iklim dan keanekaragaman hayati telah lama ada. Meskipun sepanjang sejarah bumi iklim selalu berubah dengan ekosistem dan spesies yang datang dan pergi, perubahan iklim yang cepat akan mempengaruhi ekosistem dan kemampuan spesies untuk beradaptasi dan keanekaragaman hayati mengalami peningkatan kerugian.
Dari pandangan manusia, perubahan iklim yang cepat dan hilangnya keanekaragaman hayati mempercepat risiko ancaman ( bagi manusia misalnya perubahan besar dalam rantai makanan diatas dimana kita bergantung, sumber air dapat berubah surut atau menghilang, obat-obatan dan sumber daya lainnya yang kita andalkan mungkin akan lebih sulit untuk memperolehnya sebagian tanaman dan fauna dimana mereka berasal dapat berkurang atau menghilang, dll).
Outlook Global PBB Keanekaragaman Hayati 3, pada bulan Mei 2010, dirangkum beberapa kekhawatiran bahwa perubahan iklim akan terjadi pada ekosistem:
Perubahan iklim telah berdampak pada keanekaragaman hayati, dan diproyeksikan akan menjadi ancaman yang semakin lebih signifikan dalam beberapa dekade mendatang. Hilangnya es dilaut Kutub Utara mengancam seluruh keanekaragaman hayati disebuah biome dan seterusnya. Tekanan terkait pengasaman laut, hasil dari konsentrasi karbon dioksida yang lebih tinggi  di atmosfer, juga sudah sedang diamati.
Ekosistem menunjukkan dampak negatif perubahan iklim saat ini sudah di bawah level. Yang sederhana dibandingkan dengan perubahan proyeksi masa depan. Selain suhu pemanasan, lebih sering kejadian cuaca ekstrim dan perubahan pola curah hujan dan kekeringan dapat diharapkan memiliki dampak signifikan pada keanekaragaman hayati.
(Sekretariat Konvensi Keanekaragaman Hayati (2010), Global Biodiversity Outlook 3Mei, 2010, hal.56)

Beberapa spesies dapat mengambil manfaat dari perubahan iklim (termasuk, dari perspektif manusia, peningkatan penyakit dan hama) tetapi sifat yang cepat dari perubahan itu menunjukkan bahwa banyak spesies tidak mempunyai kemampuan untuk beradaptasi. 

0 comments:

Posting Komentar