Senin, 01 Oktober 2012

AKTUALISASI / IMPLEMENTASI PANCASILA DALAM KEHIDUPAN KAMPUS


v   Pengertian Aktualisasi Pancasila
o    Aktualisasi Pancasila, berarti penjabaran nilai-nilai Pancasila dalam bentuk norma-norma, serta merealisasikannya dalam kehidupan berBangsa dan berNegara.
o    Dalam aktualisasi Pancasila ini, penjabaran nilai-nilai Pancasila dalam bentuk norma-norma, dijumpai dalam bentuk norma hukum, kenegaraan, dan norma-norma moral. Sedangkan realisasinya dikaitkan dengan tingkah laku semua warga negara dalam masyarakat, berBangsa dan berNegara, serta seluruh aspek penyelenggaraan negara.
v   Aktualisasi Pancasila, dapat dibedakan ke dalam 2 jenis :
1.        Aktualisasi Pancasila secara Obyektif
Artinya, realisasi penjabaran nilai-nilai Pancasila dalam bentuk norma-norma dalam setiap aspek penyelenggaraan negara, baik dalam bidang Legislatif, Eksekutif, dan Yudikatif, maupun semua bidang kenegaraan lainnya.
Aktualisasi Obyektif ini terutama berkaitan dengan peraturan perundang-undangan Indonesia
Contohnya : dalam penyelenggaraan kenegaraan maupun tertib hukum Indonesia, asas politik dan tujuan negara, serta pelaksanaan konkretnya didasarkan pada dasar falsafah negara (Pancasila)
2.        Aktualisasi Pancasila Subyektif
Aktualisasi Subyektif, artinya realisasi penjabaran nilai-nilai Pancasila dalam bentuk norma-norma ke dalam diri setiap pribadi, perseorangan, setiap warga negara, setiap individu, setiap penduduk, setiap penguasa dan srtiap orang Indonesia.
Aktualisasi Pancasila Subyektif ini lebih berkaitan dengan norma-norma moral. Diharapkan Aktualisasi Pancasila yang Subyektif ini dapat tercapai, maka berarti nilai-nilai Pancasila telah melekat dalam hati sanubari bangsa Indonesia, dan demikian itu disebut dengan Kepribadian Bs. Indonesia (Kepribadian Pancasila). Maka dengan hal inilah bs. Indonesia memiliki ciri karakteristik yang menunjukkan perbedaannya dengan bangsa lain.
Aktualisasi Subyektif ini lebih penting dari Aktualisasi Obyektif, karena Aktualisasi Pancasila yang subyektif merupakan kunci keberhasilan Aktualisasi Pancasila secara Obyektif.
v   Pengertian Aktualisasi Pancasila Dalam Kehidupan Kampus
o    Aktualisasi Pancasila dalam kehidupan kampus, berarti realisasi penjabaran nilai-nilai Pancasila dalam bentuk norma-norma dalam setiap aspek kehidupan kampus
o    Aktualisasi Pancasila dalam kehidupan kmapus, merupakan aktualisasi Pancasila yang obyketif, karena dilaksanakan dalam suatu lembaga. Dalam hal ini lembaga pendidikan atau lembaga akademik, yaitu kolektifitas masyarakat yang ilmiah.
o    Aktualisasi Pancasila dalam kehidupan kampus, dilaksanakan oleh seluruh lapisan / kalangan masyarakat kampus, yaitu dosen, mahasiswa, dan juga karyawan / tenaga administrasi.

2 comments:

emng arti aktualisasi sama implementasi itu memiliki arti yang sama mohon penjelasannya biar tidak ada kesalah pahaman ?

Thank you for nice information. Please visit our web:

naufal
naufal

Posting Komentar