Sunday, March 4, 2012

PENGERTIAN DAN JENIS-JENIS MOUSE


Mouse adalah peranti input yang diperlukan untuk melengkapi sebuah sistem komputer. Sistem operasi baik Microsoft Windows , Linux , Unix OS-X memerlukan mouse sebagai pointer untuk memudahkan navigasi pada aplikasi/program.
Mouse ibarat tangan manusia yang memudahkan dalam menggunakan komputer, walaupun ada sebagian fungsi mouse yang dapat dilakukan dengan menggunakan keyboard. Mouse berfungsi sebagai penggerak cursor pada layar monitor. Sampai saat tulisan ini dibuat telah ada 4 jenis koneksi/penghubung mouse ke komputer yaitu :
1.      Standard Serial Mouse.
2.      PS2
3.      USB
4.      Wireless/Nirkabel/tanpa kabel
Sedangkan secara fisik, bentuk mouse sbb :
·         Mouse yang menggunakan bola dan scroll/penggulung layar
·         Mouse yang menggunakan bola tanpa scroll/penggulung layar
·         Mouse Optik/laser yang menggunakan scroll/penggulung layar
·         Mouse Optik/laser yang menggunakan scroll/penggulung layar tanpa kabel
Mouse memiliki 2-4 tombol tekan yang fungsi standarnya [DEFAULT]:
·         tombol tekan kiri untuk membuka atau mengaktifkan suatu program atau data.
·         tombol tekan kanan untuk melihat properties file atau program tersebut.
·         tombol tekan tengah/scroll untuk melakukan kunci/lock scroll/menggulung secara otomatis saat mouse di    gerakkan ke atas/ ke bawah
·         tombol tekan samping (sangat jarang ditemui pada mouse konvensional) biasanya berada di sebelah samping kiri mouse, fungsinya sama dengan tombol tekan yang ditengah.
Bagi  para pengguna komputer tentu sudah mengenal benda bernama mouse. Perangkat keras yang satu ini memang wajib dimiliki. Walaupun sebuah komputer masih bisa dijalankan tanpanya, bisa dibayangkan betapa repotnya para pengguna komputer untuk mengoperasikan sistem secara cepat dan normal.
Sejak pertama kali diperkenalkan oleh Stanford Research Institute pada 1963, kemudahan mengoperasikan komputer makin nyata dengan hadirnya mouse. Evolusi mouse pun berkembang seiring kemajuan zaman. Kini, mouse tak hanya ”klik” kiri ”klik” kanan. Berbagai fitur tambahan disematkan demi kepentingan pasar. Berbagai vendor terkemuka pun berlomba mengembangkan teknologinya demi menggaet konsumen.
AirO2bic
”Mouse” untuk penderita parkinson. Mouse ini terbuat dari plastik, dengan dimensi yang cenderung vertikal, bukan horizontal seperti kebanyakan mouse pada umumnya. Rancang bentuknya memang didesain khusus untuk penderita Parkinson dan artisis.
Pengguna cukup menggerakkan tangannya seperti ketika ia berjabat tangan dengan orang lain. Dua klik dan scroll wheel pun tersedia. Cuma, letaknya bukan di samping, melainkan di bagian bawah. Cara menggerakkan kursornya sama seperti mouse konvensional. Desainer AirO2bic telah menggelar riset selama dua bulan. Hasilnya, mouse ini membantu penderita Carpal Tunnel Syndrome (CTS), penyakit penyempitan saraf medianus di sekitar pergelangan tangan yang muncul karena aktivitas berlebih. Dengan rajin-rajin menggunakan mouse ini, gejala umum penyakit yang muncul karena aktivitas berlebih itu bakal berkurang. Mouse AirO2bic ini dijual seharga 99,99 dolar AS.
Zero tension
”Mouse” antipegal. Bagi para pemain game serta mereka yang doyan berselancar di dunia maya yang terkadang lupa waktu, mouse ini sangat nyaman digunakan. Mouse hasil rancangan Dr. P. Michael Leahy yang diberi nama zero tension mouse ini mampu menghilangkan pegal yang sering dirasakan para pengguna yang biasa memakai mouse biasa selama berjam-jam. Klik kanan dan kiri mouse ini terletak di genggaman tangan, sementara scroll wheel-nya di ujung atas. Dimensinya cenderung panjang. Mouse yang disinyalir paling nyaman ini dijual seharga 79,95 dolar AS.

0 comments:

Post a Comment