Kamis, 01 Maret 2012

PENENTUAN VISCOSITAS KINEMATIK SECARA COBA-COBA ( TENTATIVE METHOD )

Viskositas adalah ukuran ketahanan fluida terhadap aliran, atau dengan kata lain viskositas adalah ukuran keengganan fluida untuk mengalir, dengan satuan centi poise (cp).
Viskositas kinematik merupakan waktu aliran atau eflux timer teratur. Alat ini dikalibrasikan dengan suatu minyak standar yang mempunyai viskositas yang ditentukan dengan cara referensi terhadap air didalam Master Viskosimeter atau dengan perbandingan langsung dengan Viskosimeter yang dikalibrasikan secara teliti. Sample dengan volume tertentu dan temperatur tertentu dialirkan melalui pipa kapiler yang telah dikalibrasi dan waktunya telah diukur.
Viskositas dinamis atau viskositas absolut unit cgs dari viskositas dinamis (Va) adalah poise, yang mempunyai dimensi gram / cm / detik.
Viskositas kinematik (Vk) adalah viskositas dinamik dibagi dengan densitas (Va  / ρ ), dimana keduanya diukur pada temperatur yang sama.
Unit dari viskositas kinematik adalah stoke, yang mempunyai dimensi cm2/s, tetapi dalam industri perminyakan biasanya dinyatakan dengan centi stoke (stoke / 100).
Cairan Newtonian adalah cairan yang mempunyai perbandingan yang linier antara shear rate dengan shear stressnya.
Faktor yang mempengaruhi nilai viskositas, diantaranya:
1.      Temperature.
Semakin besar temperature suatu minyak maka nilai viskositasnya akan berkurang karena adanya proses penguapan.
2.      Tekanan.
Semakin besar tekanan suatu minyak maka nilai viskositasnya akan berkurang.
3.      Komposisi minyak.
Semakin banyak komposisi penyusun minyak maka minyak semakin berat dan semakin viskos karena oAPI semakin kecil dan harga SG semakin besar, sehingga fluida sulit untuk mengalir.

0 comments:

Posting Komentar