Kamis, 01 Maret 2012

PENENTUAN TITIK KABUT, TITIK BEKU DAN TITIK TUANG

Perubahan keadaan suatu zat biasanya digambarkan dengan diagram fasa. Diagram fasa adalah grafik tekanan yang diplot dengan temperatur, yang memperlihatkan dalam keadaan bagaimana berbagai fasa itu terjadi
Pada proses transportasi dari formasi menuju ke permukaan, minyak mentah (crude oil) mengalami penurunan temperature , apabila hal ini tidak diperhatikan akan menyebabkan pembekuan minyak mentah  di dasar pipa sehingga tidak bisa mengalir dengan sempurna. Dalam hal ini kita harus bisa mengetahui kapan minyak mentah bisa mengalami pembekuan , agar dapat mengantisipasi dan berfikir bagaimana  cara yang terbaik agar minyak mentah mengalir dari formasi dengan lancer . Untuk itu, kita sangat perlu mengetahui berapa jumlah titik kabut , titik tuang dan titik beku dari suatu minyak mentah yang terproduksi.
Definisi titik kabut, titik tuang, dan titik beku adalah :
1.        Titik kabut adalah temperatur dimana lilin parafin atau padatan lain mulai mengkristal atau memisahkan diri dari larutan bila minyak didinginkan pada kondisi tertentu.
2.        Titik beku adalah temperatur terendah dimana minyak sudah tidak dapat bergerak lagi atau mengalir lagi.
3.        Titik tuang adalah temperatur terendah dimana minyak masih dapat dituang atau mengalir bila minyak tersebut didinginkan dengan tanpa diganggu pada kondisi yang ditentukan.
Titik kabut dan titik tuang berfungsi untuk mendeterminasi jumlah relatif kandungan lilin pada crude oil, namun tes ini tidak menyatakan jumlah kandungan lilin secara absolut, begitu juga kandungan materi solid lainnya di dalam minyak.

0 comments:

Posting Komentar