Kamis, 01 Maret 2012

PENENTUAN KANDUNGAN AIR DAN ENDAPAN (BS & W) DENGAN CENTRIFUGE

Pada dasarnya setiap orang yang ikut dalam proses penanganan masalah air,penting untuk mengetahui:
·           Penyusun atau unsur-unsur yang terkandung dalam air dan sifat-sifatnya.
·           Informasi tentang penyusun atau unsur tersebut dan sifat dari air tersebut.
·           Metode analisa yang dipakai dalam analisa.
Penyusun utama air dan sifat-sifatnya yang penting untuk dipelajari adalah ion-ion dan sifat yang berhubungan dengan plugging dan korosi. Penyusun air serta sifatnya dapat dikemukakan sebagai berikut :

Tabel III-1.
Penyusun Air dan Sifatnya
KATION
ANION
SIFAT-SIFAT  pH
Calsium (Ca)
Chlorida (Cl)
Padatan yang tersuspensi
Magnesium (Mg)
Carbonat (CO3)
Padatan yang tersuspensi
Iron (Fe)
Bicarbonat (HCO3)
Turbidity

Sumur-sumur minyak atau crude oil yang dapat menghasilkan minyak yang bersih dengan hanya sejumlah zat-zat tambahan, tetapi dilain pihak sumur-sumur dapat menghasilkan air yang relative besar atau padatan yang jumlahnya besar pula. Sejumlah sumur akan sedikit sekali memproduksi gas, sedangkan yang lain banyak sekali memproduksi gas. Kemungkinan untuk memisahkan air dan padatan yang melayang-layang (suspensi) terutama karena permintaan dari perusahaan pipa minyak agar minyak atau crude oil yang dikehendaki ditransport tidak mengandung lebih dari 2%-3% air dan padatan.
Zat-zat padat yang terdapat dalam minyak atau crude oil biasanya adalah pasir dan serpih, yang mana pada umumnya terdapat pada  minyak-minyak atau crude oil  yang diproduksikan pada  formasi porous yang tak tersemenkan. Zat-zat padatan ini dapat menyebabkan gangguan dan kerugian pada produksi minyak atau crude oil.
Minyak yang kita produksi ke permukaan sering kali tercampur dengan sedimen-sedimen yang dapat mempengaruhi proses/laju produksi, untuk itu endapan tersebut haru dipisahkan dengan cara:
1.        Di Labolatorium
Dengan menggunakan metode centrifuge yaitu dengan menggunakan gaya centrifugal sehingga air, minyak dan endapan dapat terpisahkan.
2.        Di Lapangan
Kalau pemboran dilakukan di daratan maka dibuatkan kolam-kolam pengendapan, sedangkan jika pemboran di lepas pantai maka disamping dilakukan diseparator juga dilakukan pemisahan dengan zat-zat kimia tertentu.
Suatu suspensi atau campuran yang berada  pada  suatu tempat (tabung)  apabila diputar dengan kecepatan tertentu, dengan gaya centrifugal dan berat jenis yang berbeda akan saling pisah, dimana  zat dengan berat jenis yang lebih besar akan berada di bawah dan zat dengan berat jenis rendah berada di atas.
Metode  Centrifuge ini mempunyai kelebihan antara lain :
1.       Waktu  yang diperlukan untuk memisahkan air dan minyak serta endapan lain lebih singkat daripada Dean & Stark  Method.
2.       Pemindahan alat yang sangat mudah dilakukan.

0 comments:

Posting Komentar