Kamis, 20 Oktober 2011

STATUS LINGKUNGAN HIDUP DAERAH KETAPANG (KAL-BAR)

Status Lingkungan Hidup Daerah (SLHD) atau State of the Environmental Report (SoER) merupakan suatu laporan mengenai kondisi lingkungan hidup yang ada pada suatu wilayah. Laporan ini bertumpu pada basis data lingkungan yang berisi keadaan lingkungan pada kurun waktu tertentu, aktivitas manusia yang dapat mempengaruhi kondisi, dan tanggapan atas perubahan kondisi melalui kebijakan pemerintah maupun peran serta masyarakat. Metode analisis dengan memperhatikan tiga komponen utama diatas adalah metode S-P-R (State to Pressure Response)
Metode ini mengintegrasikan informasi yang utuh tentang berbagai hal yang terkait dengan perubahan kualitas lingkungan. Basis data yang digunakan adalah yang erat kaitannya dengan berbagai masalah lingkungan hidup. Aktivitas manusia yang dianalisa adalah yang memberikan tekanan terhadap lingkungan, baik secara langsung maupun tidak langsung.
Sedangkan tanggapan lebih banyak kepada usaha pengendalian tekanan terhadap lingkungan yang dilakukan oleh pemerintah. Kabupaten Ketapang merupakan wilayah yang cukup banyak memiliki kekayaan sumber daya alam, yang juga merupakan penyangga ekosistem utama bagi wilayah sekitarnya. Hutan, baik alami maupun buatan, yang memiliki fungsi utama bagi kelangsungan ekosistem alami maupun fungsi buatan seperti penggerak pembangkit listrik, sumber air minum, irigasi lahan pertanian dan perkebunan. Hal ini merupakan alasan kuat untuk melakukan pemantauan yang ketat terhadap kondisi lingkungannya.
Lahan kritis akibat kegiatan lain semakin tahun semakin bertambah luas. Semua lahan kritis tersebut berpotensi menimbulkan bencana alam, terutama pada musim hujan yang curah hujannya tinggi dan kekringan di musim kemarau. Sementara itu sedimen yang terbawa aliran sungai, menyebabkan pencemaran yang cukup tinggi. Turunnya kualitas air ini diperparah oleh pencemaran akibat limbah cair industri, penambangan liar, illegal logging dan aktivitas lainnya. Kondisi ini amat menurunkan kualitas air.Pemantauan kondisi lingkungan tersebut harus dilakukan secara kontinyu dan tepat, sehingga informasi dapat diperoleh dengan cepat dan akurat. Kecepatan dan akurasi informasi kondisi lingkungan ini menyebabkan respon dari pemerintah maupun masyarakat akan cepat dan tepat pula.
GAMBARAN UMUM KABUPATEN KETAPANG
Kabupaten ketapang sebagian besar adalah daratan yang berdataran rendah dan merupakan kabupaten terluas di Kalimantan Barat dengan luas wilayah mencapai 35.809Km2 atau sekitar 24,4 persen dari luas wilayah Propinsi Kalimantan Barat dimana dari luas total Kabupaten Ketapang tersebut luas daratan mencapai 33.209 Km2 atau sekitar 92,74 persennya dan 2.600 Km2 atau sekitar 7,26 persennya berupa perairan.Secara administratif Kabupaten Ketapang terdiri dari 25 kecamatan dengan ibu kotanya Delta Pawan, akan tetapi terhitung mulai tanggal 22 Juni 2007.

0 comments:

Posting Komentar